MasBasit007: Faktor Penyebab SEO Yang Diterapkan Pada Blog Selalu Gagal?

Faktor Penyebab SEO Yang Diterapkan Pada Blog Selalu Gagal?

SEO: 8 Penyebab Strategi SEO Selalu Gagal

Banyak para pelaku blogging merasa frustasi setelah sekian lama mengoptimalkan SEO, namun selalu gagal. Hingga membuat banyak orang selalu merasa tidak mampu untuk melakukan aktivitas blogging karena kegagalan yang selalu mereka dapat.

Sebenarnya semua itu dapat kita teliti dan kita pahami? Apa yang kita butuhkan dan apa yang tidak. Begitu juga dengan google? Google pun demikian karena google selalu berubah-rubah hingga kita harus selalu tanggap terhadap apa yang kita alami!

Namun tak perlu kuatir? Karena kali ini saya akan memberikan beberapa point yang saya dapat dari berbagai blog untuk mengetahui penyebab gagalnya strategi SEO anda gagal?

Faktor Penyebab SEO Yang Di Terapkan Pada Blog Selalu Gagal?

1. Website Anda Payah
Inilah kenyataan yang sering terjadi pada era algoritma google panda dan google penguin! Sekarang ini SEO tidak hanya tentang backlinks yang banyak tapi lebih dari itu, sekarang google bot juga melihat kualitas website anda. Anda harus memiliki konten yang berkualitas untuk dapat memenangkan perhatian google. Selain itu google juga memperhatikan aktifitas user di website anda dan juga social media. Jika anda tidak memiliki konten yang disukai oleh user anda atau tampilan dan navigasi yang jelek, kemungkinan besar website anda akan mendapat masalah di SERP, terutama google.

2. Anda Menggunakan Taktik SEO Yang Lama
Algoritma search engine google atau search engine lainnya selalu berubah dari waktu ke waktu, karna itu taktik SEO yang dilakukan juga berubah dari waktu ke waktu disesuaikan dengan perubahan algoritma search engine. Kampanye SEO yang tidak uptodate bisa berdampak buruk pada SERP (Search Engine Result Page) website anda, selalu lakukan kampanye SEO yang uptodate untuk menjaga posisi SERP website anda.

3. Anda Memilih Niche Yang Terlalu Sulit
Memilih niche yang terlalu sulit adalah sebuah resiko pada bisnis anda karena anda pasti akan berhadapan dengan kompetitor lain yang mungkin sudah sangat terkenal dengan niche tersebut. Anda akan berkompetisi dengan website besar dan merek terkenal yang sudah dipercaya oleh search engine, mungkin anda merasa siap untuk berkompetisi tapi ini akan menjadi sesuatu yang membuat anda frustasi, dan anda harus siap dengan itu.

4. Anda Tidak Memiliki Tools Untuk Menganalisa Website dan Melacak Goal Anda
Mungkin anda tidak mau repot untuk menginstal tools analisa di situs anda, tapi bagaimana mungkin anda mengetahui trafik website anda dan goal anda tercapai jika web anda tidak terinstal tools untuk menganalisanya? Menginstal google analytics pada website anda adalah suatu keharusan bila anda ingin berhasil dalam kampanye SEO anda, sehingga anda tahu apa goal anda yang tercapai dan strategy apa yang cocok untuk kampanye SEO anda.

5. Fokus Keywords Situs Anda Terlalu Sempit
Fokus pada sebuah niche adalah pilihan yang baik, tapi bila anda memilih keywords (kata kunci) yang terlalu sempit atau jarang dicari melalui search engine maka kemungkinan besar trafik yang anda dapatkan juga akan sangat sedikit. Anda perlu sedikit memperluas keywords situs anda untuk mendapatkan kesempatan menjangkau audiens yang lebih luas namun masih tetap pada niche anda.

6. Membangun Backlinks Dengan Cara Yang Salah
Membangun backlinks adalah sesuatu yang disarankan untuk kegiatan SEO, kita semua setuju tentang ini! Tapi pada era algoritma panda dan penguin, anda tidak disarankan membangun backlinks dengan cara lama sesuka hati. Anda mungkin pernah tergiur dengan jasa backlinks yang menawarkan 10.000 backlinks dalam tempo singkat dan cukup dengan membayar Rp 100.000,- WOW! Jika anda pernah menggunakan jasa tersebut pada masa panda dan penguin, hasilnya saya bisa tebak… kemungkinan besar kampanye SEO anda gagal! Untuk membangun backlinks yang sehat untuk website anda, anda harus memperhatikan kualitas backlinks, dan harus terlihat natural.

7. Anda Tidak Menggunakan Social Media
Saya berkeyakinan bahwa hampir semua orang memiliki akun social media, misalnya twitter, facebook, pinterest, google plus, dan lain-lain. Jika anda memiliki website tapi tidak punya salah satu akun social media, menurut saya ini sebuah kekeliruan besar… sungguh terlalu! Jika anda melakukan kampanye SEO dan berpikir bisa memenangi persaingan SEO tanpa menggunakan social media, maka saya bisa mengatakan bahwa anda sedang membodohi diri anda sendiri!

8. Anda Tidak Sabar
Sangat disayangkan bahwa proses SEO tidak terjadi dengan cepat. Anda melakukan semua effort dengan cara yang benar tapi mungkin hasil yang anda harapkan tidak terlihat dalam hitungan hari atau minggu atau bahkan bulanan. Tidak ada waktu yang pasti kapan kampanye SEO anda akan terlihat hasilnya, tapi saya katakan bahwa effort yang benar dan kesabaran adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh seorang webmaster, bahkan ketika anda tidak mendapatkan hasil pada waktunya anda harus tetap melakukan SEO anda dengan sebaik-baiknya.

Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu masalah yang anda hadapi dan membuat anda bersemangat kembali dalam melakukan aktivitas blogging.

Copyright © 8 Penyebab Strategi SEO Selalu Gagal


1 comment:

  1. wah ... tutorialnya bagus, jadi membacanya berulang-ulang.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk berkomentar dan memberikan masukkan untuk saya. Namun saya mohon maaf kalau tidak dapat membalas semua komentar yang ada.

Popular Posts