Skip to main content

11 Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Cara menghadapi wawancara kerja - Setelah pelamar melakukan proses pengiriman lamaran, dan apabila telah diterima oleh perusahaan akan melakukan proses seleksi administrasi. Tentunya perusahaan hanya akan memilih pelamar yang memenuhi kriteria yang mereka tetapkan. Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mendapat panggilan untunk menjalani tes tertulis dan wawancara, tapi ada juga yang langsung tes wawancara. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan pelamar dalam menghadapi wawancara.
hal-hal yang perlu diperhatikan pelamar dalam menghadapi wawancara

@Ilustrasi tes wawancara kerja

1. Perhatikan penampilan anda

Penampilan pertama harus menimbulkan kesan baik dan tidak dibuat-buat kenakan pakaian yang formal yang mampu mencerminkan kepercayaan diri dan profesionalisme diri anda. Pakaian hendaknya rapi, tidak perlu mahal dan mewah. Yang penting nyaman dipakai dan anda merasa percaya diri bila mengenakannya.

2. Siap siagalah selalu

Selalu lakukan penyelidikan. Pegang semua fakta di telapak tangan anda. Siapkan dengan jawaban yang baik.

3. Tepat waktu

Anda harus benar- benar mengetahui kapan dan dimana wawancara akan berlangsung. Sediakan tambahan waktu 30 menit sebagai cadangan bila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

4. Rileks

Bila anda siap, tepat waktu dan berpenampilan menyakinkan maka rileks-lah, tidak perlu tegang.

5. Berbicara dengan baik

Cara anda berbicara akan menunjukkan apa yang anda rasakan. Selalu berbicara dengan suara yang jelas dan mantap.

6. Dengarkan pertanyaan dengan baik-baik

Perhatikan selalu apa yang dikatakan pewawancara. Jangan pikirkan lagi jawaban apa yang harus anda berikan untuk pertanyaan yang diberikan.

7. Pandang dan perhatikan pewawancara

Sikap ini menunjukkan kepercayaan diri anda, sekaligus menunjukkan bahwa anda berminat terhadap apa yang sedang dibicarakan.

8. Bersikaplah ramah

Anda perlu menghadirkan kesan bahwa anda orang yang ramah dan menyenangkan.

9. Bersikap sopan

Selalu bersikap hormat dan sopan terhadap pewawancara, serta memeperhatikan tatakrama dan adat sopan santun.

10. Bersikap tenang

Jangan merasa terganggu dengan adanya berbagai interupsi. Tidak perlu panik bila anda tidak mengetahui jawaban suatu pertanyaan.

11. Kemukakan keunggulan anda

Seandainya anda tahu apa yang dicari si pewawancara dari seorang pelamar, cantumkan kualifikasi itu dalam surat lamaran, daftar riwayat hidup, atau formulir pendaftaran anda.

Demikian 11 tips menghadapi wawancara kerja semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari kerja. Terima kasih sudah berkunjung ke masbasit007.blogspot.com™

Comments

Popular posts from this blog

7 Platform Untuk Membuat Website Pribadi Anda

7 Platform Untuk Membuat Website Pribadi Anda - Apakah Anda ingin memulai blogging? Ketika Anda baru mulai untuk membuat blog Anda, Anda mungkin merasa kewalahan dengan platform blogging yang akan anda gunakan. dengan banyak pilihan platform yang dapat anda gunakan untuk host blog anda. Dalam posting ini, saya akan memberikan daftar platform blogging terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai platform blog Anda. Masing-masing memiliki keunikan dan keunggulan sendiri. Dan jika Anda akan mengambil pilihan, maka daftar ini akan pasti banyak membantu Anda.

Platform Blog Gratis Kualitas Premium

Untuk anda yang ingin memulai dunia blogging wajib anda ketahui platform blog gratis . Walaupun gratis tapi kualitasnya sangat hebat. Ada banyak platform yang bisa anda gunakan, namun hanya beberapa saja yang mudah digunakan. Untuk anda yang ingin make money from blogging, ini bukan hal yang mustahil walaupun gratisan. Blog gratis menghasilkan uang untuk anda? Hebat bukan! Berikut beberapa platform yang dapat anda gunakan untuk membuat blog. Blog Gratis kualitas premium

Update Jadwal Bola Terbaru Sabtu 3 Desember 2016

Update jadwal bola terbaru tayang langsung di tv - kali ini saya akan update jadwal tv untuk hari sabtu tanggal 3 desember 2016. banyak sekali pertandingan menarik pada hari sabtu ini yang jangan sampai sobat lewatkan, prtandingan demi pertandingan akan menemani akhir pekan sobat sobat semua, yuk baca selengkapnya jadwal bola terbarunya... lionel mesi SABTU, 3 DESEMBER 2016 PIALA AFF 2016 19:00 I Indonesia - Vietnam I RCTI & Fox Sports SERIE A ITALIA 02:30 I Napoli - Inter Milan I Trans 7