MasBasit007: Strategi Menulis Surat Lamaran Kerja

Strategi Menulis Surat Lamaran Kerja

Tips dalam menulis surat lamaran kerja

Surat lamaran pekerjaan sebaiknya dibuat sesingkat mungkin. Ingat, pemeriksaan surat lamaran biasanya dilakukan cepat, serta si pemeriksa hanya melihat hal-hal yang dibutuhkan atau yang memenuhi syarat. Dengan pertimbangan itu, kemungkinan anda bisa diterima juga sangat besar, karena surat lamaran akan menunjukkan bahwa anda adalah seorang calon pegawai pontensial.
Jadi, jangan membuat surat lamaran yang membingungkan dengan bermacam-macam keterangan dalam satu bagian. Seridaknya ada 4 bagian penting yang harus dicantumkan agar surat lamaran anda bisa disebut sebagai surat lamaran yang baik. Apa saja 4 hal tersebut ?
strategi menulis surat lamaran kerja
#GerakanAyoKerja

1. Panjang surat

Surat lamaran sebaiknya jangan sampai melebihi tiga lembar. Lebih baik dua lembar saja. Surat lamaran yang terlalu panjang akan membosankan, sementara kalau terlalu singkat juga malah tidak akan menunjukkan apa-apa tentang diri anda.

2. Lampiran

Setiap sertifikat ijazah atau surat referensi tidak perlu dimasukkan dalam surat lamaran. Anda dapat menunjukkan saat wawancara. Bila memang ingin melengkapi salah satu dokumen akademis, lampirkan ijazah terakhir serta referensi pekerjaan anda sekarang.

3. Lamaran lewat e-mail

Dengan perkembangan internet, lamaran lewat internet seperti sekarang juga sangat populer. Dan banyak perusahaan di indonesia saat ini yang juga menerima lamaran lewat e-mail. Untuk lamaran lewat e-mail, anda bisa melampirkan seluruh biodata lewat e-mail.

4. Cover surat

Kerapian serta bentuk surat ternyata menjadi bagian yang sangat penting. Memang, ada sebagian orang yang beranggapan bahwa wawancaralah yang merupakan bagian paling menentukan, tidak peduli surat lamaran baik atau jelek. Pafahal, dengan membuat surat lamaran yang bagus serta keterangan jelas dan singkat, perusahaan akan mendapatkan kesan bahwa anda serius mengincar posisi yang anda inginkan. Jadi, tak hanya wawancara yang penting, bentuk surat lamaran ternyata juga sangat menentukan.

Demikian sedikit ulasan tentang strategi menulis surat lamaran kerja semoga beemanfaat bagi anda yang akan mencari kerja. Sukses selalu buat kita semua.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk berkomentar dan memberikan masukkan untuk saya. Namun saya mohon maaf kalau tidak dapat membalas semua komentar yang ada.

Popular Posts