Skip to main content

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Peluang Bisnis Online – Sejalan dengan bertambahnya pengguna internet dan juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia sekarang ini, perkembangan bisnis di Indonesia juga ternyata mengalami peningkatan yang sangat pesat, terlebih pertumbuhan bisnis online nya. Tidak hanya untuk bisnis teknologi informasi (TI) dimana media informasi yang dulu lewat koran konvensional sekarang telah berubah koran online contoh; Tempo.co, Detik.com, TribunNews.com, Republika.co.id, Kompas.com, dan masih banyak lainnya, akan tetapi pada bisnis online (eCommerce) dan juga bisnis offline yang go online.
peluang bisnis online tanpa modal besar dan bisa dikerjakan dari rumah

Sesuai dengan penglaman saya dan juga informasi yang saya peroleh mengenai bisnis online, berikut ini merupakan beberapa peluang bisnis online tanpa modal besar dan bisa kita kerjakan dari rumah:

1. Menjual Produk Orang Lain (reseller/ dropshiper/ affiliate)

Kelebihan dengan menjual produk orang lain (reseller/ dropshiper) adalah kita tidak perlu repot soal pengadaan produk yang dijual dan juga proses pengirimannya. Tidak sdikit toko online yang menawarkan program ini, pastinya kita harus belajar mengenai riwayat transaksi dari online shop tersebut, dan yakin kalau Anda bekerjasama dengan orang yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Online shop yang menawarkan sebuah program reseller dan dropship biasanya mereka bersedia mengirimkan produk kepada pembeli dimana dalam kemasan produk tersebut nama atau toko online kita sebagai pengirimnya. Dengan begitu kita tidak akan kehilangan pembeli tersebut ingin melakukan transaksi pembelian dikemudian hari. Produk yang dijual menggunakan cara reseller/ dropship biasanya merupakan barang berbentuk.

Selain menjual barang berbentuk fisik, kita dapat menjual barang orang lain dalam bentuk digital seperti ebook, video, dan membership. Program ini biasanya disebut dengan affiliasi dimana kita memperoleh pendapatan sekian persen dari total harga barang digital yang sukses kita jual lewat link affiliasi kita.

2. Membuka Jasa Menulis/ Membuat Konten Website

Konten situs dapat dalam bentuk teks, gambar, dan video. Akan tetapi dari kebanyakan konten situs yang saya temui rata-rata berupa teks. Kalau Anda atau orang di sekitar Anda mempunyai keahlian dalam menulis artikel, membuat video, dan gambar, maka peluang bisnis online inilah yang harus Anda lakukan. Ada banyak pemiliki website yang tidak mempunyai waktu atau tidak mempunyai keahlian yang baik untuk membuat konten untuk situs mereka.

Selain konten berbentuk teks, konten video dan gambar logo juga banyak yang memerlukan. Salah satu konten video dan gambar yang paling banyak dicari adalah membuat video marketing dan juga gambar logo yang berkaitan dengan sebuah bisnis yang akan dipasarkan. Seseorang yang mempunyai keahlian dalam membuat konten video marketing dan juga gambar logo harus memanfaatkan kesempatan bisnis ini sebaik mungkin.

3. Membuka Jasa Pembuatan Website/ Blog

Bisnis ini sangat sesuai untuk seseorang yang mempunyai keahlian dalam membangun sebuah website atau blog. Kita tidak perlu mempunyai kemampuan yang sangat hebat dalam menyusun kode-kode website dari nol karena sebetulnya terdapat banyak cara yang cukup gampang dalam membangun sebuah website/ blog yang bagus. Salah satu platform yang mudah untuk dipelajari dan digunakan dalam membangun sebuah website/ blog adalah WordPress. Pada WordPress, terdapat banyak sekali themes/ template yang siap pakai dan unik, baik yang free maupun yang berbayar dengan tampilan yang profesional.

Pada mulanya mungkin Anda merasa tidak begitu mampu menjalankan bisnis ini, akan tetapi kalau Anda sudah terbiasa membuat sebuah website/ blog yang bagus, pasti calon pembeli Anda tidak akan ragu untuk menyewa jasa Anda. Dan harus kita diperhatikan sebelum menjual jasa ini, alangkah baiknya kita juga mempunyai website bisnis dengan tampilan yang meyakinkan.

4. Menjadi Seorang Makelar Online

Bisnis ini cukup banyak dijalani oleh pebisnis online. Seorang makelar merupakan orang atau sebuah perusahaan yang bertugas untuk mempertemukan antara penjual sebuah produk/ jasa kepada calon pembeli. Pastinya untuk menjadi seorang makelar, kita harus mempunyai koneksi dan relasi yang cukup luas. Dalam bisnis online, rasa percaya itu merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Karena itu sebenarnya kita wajib mempelajari latar belakang dari orang yang ingin kita pertemukan, baik antara penjual maupun calon pembeli.

Beberapa bisnis yang membutuhkan jasa makelar online yaitu; menjual website, menjual property, menjual jasa, dan lain-lain. Dan hal lain yang perlu kita lihat secara teliti sebagai seorang makelar online adalah dalam hal penentuan harga produk/ jasa yang Anda berikan. Alangkah baiknya jangan mengambil laba terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil karena ini berkaitan dengan keuntungan Anda dan juga rasa percaya dari klien Anda.

5. Membuka Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online

Bisnis ini sangat sesuai kalau Anda mempunyai keahlian yang sangat baik dalam bidang tertentu, dalam artian Anda merupakan seorang expert dibidang yang Anda geluti. Beberapa contoh untuk bisnis ini adalah konsultasi SEO (search engine optimization) sebuah website, konsultasi pengembangan bisnis, konsultasi tentang asmara, konsultasi pengobatan tradisional, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Berbisnis MLM Secara Online

Banyak orang yang berpendapat miring mengenai bisnis MLM, dan akan buru-buru menutup diri bila ada yang menawarkan bisnis MLM pada mereka. Pada kenyataannya bisnis ini memang sangat berpotensi dan memberikan banyak kelebihan pada banyak orang. Akan tetapi perlu kita perhatikan dengan seksama bahwa tidak semua bisnis MLM mempunyai potensi keuntungan bagi kita.

7. Menjadi Seorang Blogger Profesional

Untuk yang satu ini pasti hampir semua orang dapat mengerjakannya. Ada banyak blogger yang mempunyai pendapatan yang fanstastis dari blog/ website yang mereka bangun. Saya pribadi begitu terinspirasi dari sebuah kisah sukses seorang blogger dari Inggris, dimana pada tahap awal blog WordPress nya yang bertopik mengenai media sosial pada akhirnya menjadi sebuah situs besar dengan pendapatan mencapai empat ratusan ribu dollar lebih per bulannya, jika dirupiahkan empat miliar lebih. Nama website tersebut adalah mashable.com, pada mulanya dibuat menggunakan CMS WordPress.org namum sekarang telah dibangun denganrubyonrails.org.

Pendapatan dari sebuah blog dapat berasal dari program PPC (pay per click) Google Adsense, space iklan, review produk, dan lain-lain. Untuk membuat seorang blogger pastinya bukan hal yang sangat sulit bukan? Saya sendiri pada mulanya tidak begitu suka menulis dan membuat artikel, bahkan pada awal pembuatan blog ini, hampir 3 bulan blog ini tidak terdapat konten sama sekali hehehe. Akhirnya saya coba-coba, dan tadaaaa… artikel saya sudah lumayan cukup banyak.

8. Bisnis Offline Go Online

Seperti yang sudah saya jelaskan pada paragraf awal, model bisnis offline juga dapat anda dijalankan secara online untuk meningkatkan brand dan juga profit. Ada sangat banyak pengusaha UKM yang sukses mengembangkan bisnisnya dan memperoleh keuntungan berlipat ganda semenjak memasarkan bisnisnya secara online, pasti saja anda awalnya harus mempunyai bisnis atau produk yang akan anda jual. Untuk membuat bisnis offline kita dipasarkan secara online tidak membutuhkan modal yang besar, yang pasti kita akan membutuhkan sebuah website dan juga media sosial sebagai pendukung marketing online yang dilakukan.


Selain yang saya jelaskan di atas, masih terdapat banyak peluang bisnis online yang dapat dikerjakankan dari rumah dan untuk menjalankan bisnis online tersebut, pastinya anda juga harus mempunyai akses internet yang baik. Sebagai media promosi, kita dapat memanfaatkan media sosial, blog pribadi, media iklan, dan lain-lain.

Comments

Popular posts from this blog

7 Platform Untuk Membuat Website Pribadi Anda

7 Platform Untuk Membuat Website Pribadi Anda - Apakah Anda ingin memulai blogging? Ketika Anda baru mulai untuk membuat blog Anda, Anda mungkin merasa kewalahan dengan platform blogging yang akan anda gunakan. dengan banyak pilihan platform yang dapat anda gunakan untuk host blog anda. Dalam posting ini, saya akan memberikan daftar platform blogging terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai platform blog Anda. Masing-masing memiliki keunikan dan keunggulan sendiri. Dan jika Anda akan mengambil pilihan, maka daftar ini akan pasti banyak membantu Anda.

Platform Blog Gratis Kualitas Premium

Untuk anda yang ingin memulai dunia blogging wajib anda ketahui platform blog gratis . Walaupun gratis tapi kualitasnya sangat hebat. Ada banyak platform yang bisa anda gunakan, namun hanya beberapa saja yang mudah digunakan. Untuk anda yang ingin make money from blogging, ini bukan hal yang mustahil walaupun gratisan. Blog gratis menghasilkan uang untuk anda? Hebat bukan! Berikut beberapa platform yang dapat anda gunakan untuk membuat blog. Blog Gratis kualitas premium

Update Jadwal Bola Terbaru Sabtu 3 Desember 2016

Update jadwal bola terbaru tayang langsung di tv - kali ini saya akan update jadwal tv untuk hari sabtu tanggal 3 desember 2016. banyak sekali pertandingan menarik pada hari sabtu ini yang jangan sampai sobat lewatkan, prtandingan demi pertandingan akan menemani akhir pekan sobat sobat semua, yuk baca selengkapnya jadwal bola terbarunya... lionel mesi SABTU, 3 DESEMBER 2016 PIALA AFF 2016 19:00 I Indonesia - Vietnam I RCTI & Fox Sports SERIE A ITALIA 02:30 I Napoli - Inter Milan I Trans 7